Categories: Europe

Meriah dan Unik! 5 Festival Paling Akbar yang Mempesona

Berbagai negara di dunia memiliki kegiatan festival seru setiap tahunnya. Pada setiap festival menampilkan berbagai tema dengan keunikan yang khas dari negara masing-masing.

Adanya gelaran festival atau karnaval tersebut merupakan cara bagi sebuah negara untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dan wisatawan asing.

Festival merupakan cara masyarakat untuk mengekspresikan dan merayakan tradisi kebudayaannya. Saat ini, sudah banyak festival di dunia yang mampu merepresentasikan budaya-budaya yang berbeda.

Tujuannya sebagai hiburan atau untuk menghormati kepercayaan dan tradisi yang berlaku di masyarakat tersebut. Berikut ini, frameatrip memberikan rekomendasi untuk kamu mengenai 5 festival paling akbar di dunia yang wajib kamu hadiri.

Festival Lampu Diwali (India)

Liputan6.com

Deepavali atau Diwali adalah Festival Cahaya yang melambangkan kemenangan yang baik atas yang buruk. Dalam festival ini terdapat lampu yang dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia.

Festival Lampu Diwali terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu tradisional India yang disebut dengan Diya. Dalam festival ini juga terdapat kembang api untuk meriahkan suasana.

Festival Diwali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu, tepatnya pada  bulan Ashwayuja.

Dalam kalender Masehi, biasanya terjadi dalam bulan Oktober atau November. Hingga saat ini, Festival Lampu Diwali menjadi salah satu festival terpopuler dan paling ditunggu-tunggu di India.

Umat Hindu, Jain, dan Sikh di India menganggap bahwa festival Lampu Diwali sebagai perayaan hidup dan bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan antara keluarga dan teman.

Ketika festival ini dimulai, banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia hadir untuk menyaksikannya.

Yee Peng Lantern Festival  (Thailand)

onceuponajrny

Yee Peng Lantern Festival pada awalnya hanyalah festival kecil berupa lampion yang saat ini berubah menjadi festival yang sangat besar dan meriah.

Selama festival Yee Peng berlangsung, orang-orang melepaskan lampion ke langit. Pada festival yang dilaksanakan di bulan November ini, kamu dapat melihat rumah-rumah dan tempat umum dihiasi dengan lampion dan dekorasi bendera.

Festival ini dipercaya sebagai cara untuk melepaskan segala ketidakberuntungan dan penyakit dari tahun sebelumnya, Kaum Buddhis juga percaya untuk membuat permohonan sebelum melepaskan lampion karena permohonan tersebut akan terwujud.

Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan kemeriahan Yee Peng Lantern Festival adalah di Old Chiang Mai Cultural Center, Wat Doi Thi Lumphun, dan Doi Thi Temple.

Oktoberfest (Jerman)

tripxperia.com

Oktoberfest merupakan salah satu festival yang sangat populer asal Jerman dan telah dikenal luas di berbagai penjuru dunia. Festival ini diselenggarakan setiap bulan oktober di kota Munich.

Pada awalnya, acara merupakan acara pernikahan kerajaan yang dirayakan oleh masyarakat dengan bersuka cita bersama.

Seiring berjalannya waktu, acara ini diberlakukan menjadi Festival Oktoberfest. Menjelang festival Oktoberfest, Di kota Munich akan didirikan banyak tenda yang menjual aneka macam makanan, khas masyarakat Jerman.

Festival yang luar biasa ini, mampu menarik 7 juta pengunjung tiap tahunnya.

Carnaval Sunday (Brazil)

nztcinternational

Warga Brazil secara umum sudah dikenal mahir dalam bernyanyi dan berdansa. Nyaian dan tarian merupakan bagian dari budaya yang ditampilkan oleh masyarakat Brazil. .

Setiap tahunnya, festival Carnaval Sunday digelar 40 hari sebelum hari Paskah dan bulan purnama, biasanya dilangsungkan pada tanggal 11 Februari.

Festival Carnaval Sunday dipenuhi dengan musik, tarian, nyanyian, dan atraksi-atraksi yang sangat meriah. Seluruh peserta tampil mengenakan kostum khas Brazil yang sangat glamor.

La Tomatina (Spanyol)

steemitimages

La Tomatina juga merupakan salah satu festival akbar yang cukup terkenal di Spanyol. Festival La Tomatina rutin digelar tiap tahun sejak tahun 1945 lalu.

La Tomatina berarti sebagai perang tomat yang dilakukan oleh puluhan ribu orang yang ada di Plaza del Pueblo, Buñol.

Pada setiap tahunnya, ratusan ton tomat matang dilempar sebagai senjata hingga membentuk kolam berupa genangan tomat.

Tidak hanya itu, seluruh permukaan jalan akan tertutupi oleh jus tomat segar. Festival ini akan berlangsung selama seminggu pada awal Bulan Agustus di kota Bunol.

***

Sebagai seorang traveler yang sangat mengagumi dan cinta dengan festival, maka kamu tidak bisa melewatkan festival-festival tersebut.

Sebelum memutuskan untuk berangkat dan menyaksikan kemegahan festival tersebut, pastikan kamu menyewa jasa fotografer FrameATrip.com untuk memotret secara profesional.

Abadikan pula pengalaman dan momen istimewa dalam hidupmu dengan foto-foto yang super keren hanya dari FrameATrip.com dan nikmati big deals spesial hari ini!

Detty Frameatrip

Share
Published by
Detty Frameatrip
Tags: Europe

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

3 months ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

3 months ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

3 months ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

3 months ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

3 months ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

3 months ago