Categories: Europe

Penting! Ketahui Hal Ini Saat Harus Bepergian Selama Pandemi Virus Corona

Industri perjalanan internasional telah mengalami kekacauan akibat dari penyebaran COVID-19 yang cepat di seluruh dunia.

Ya, penutupan perbatasan dengan negara-negara yang terkena dampak. Kebijakan yang mengharuskan wisatawan dari daerah terjangkit untuk menjalani karantina panjang, pembatalan konferensi besar dan penundaan turnamen olahraga besar.

Serta penghentian sejumlah penerbangan ke kawasan-kawasan beresiko, memaksa wisatawan berpikir ulang untuk melanjutkan, membatalkan ataukah menunda perjalanan yang telah dijadwalkan.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat harus melakukan perjalanan selama pandemi virus corona.

1. Kapan harus membatalkan atau menunda perjalanan

FrameATrip.com

Menurut rekomendasi WHO, wisatawan yang memiliki kondisi kesehatan mendasar atau telah lanjut usia disarankan untuk menunda atau menghindari perjalanan ke daerah yang mengalami penularan COVID-19 yang berkelanjutan.

Pada sekitar 80 persen kasus, penyakit ini walupun ringan bisa berakibat fatal bagi mereka yang mengidap penyakit kronis dan berusia lebih dari 65 tahun.

2. Faktor-faktor penentu apa yang perlu dipertimbangkan

FrameATrip.com

Meskipun tidak ada kasus besar di daerah tujuan, mempertimbangkan faktor resiko diri sendiri dan kualitas layanan kesehatan yang tersedia sangat diperlukan saat wisatawan memutuskan untuk bepergian.

Wisatawan juga perlu untuk mempertimbangkan kemungkinan akan terjebak karantina dalam jangka waktu yang lama saat terjadi wabah di daerah tujuan sehingga mereka harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Pertimbangkan juga tentang penutupan tempat-tempat wisata dan pembatalan acara-acara besar sehingga meskipun tetap bepergian tidak akan banyak tempat atau event besar yang dapat dikunjungi selama penyebaran virus.

Faktor penentu penting lainnya adalah penerbangan. Rencana penerbangan yang sudah tersusun rapi bisa saja terganggu karena penumpang lain memilih untuk tidak bepergian.

Bahkan di daerah-daerah yang minim resiko, banyaknya penumpang yang melakukan pembatalan dan sepinya pemesanan memaksa maskapai untuk mengandangkan armadanya.

Terkait dengan masalah pembatalan, wistawan harus memperhitungkan biayanya pada setiap pemesanan penerbangan atau hotel yang dilakukan.

Berbicaralah dengan penyedia layanan perjalanan untuk mengetahui sejauh mana tingkat fleksibilitas yang ditawarkan.

3. Bagaimana cara melindungi diri sendiri saat harus bepergian

FrameATrip.com

Jika memutuskan untuk melanjutkan rencana perjalanan maka wisatawan perlu mengurangi resiko infeksi sesuai anjuran dari WHO.

Yaitu, wisatawan harus sering mencuci tangan, senantiasa menutup hidung dan mulut saat batuk, dan menghindari kontak secaran langsung dengan orang yang menunjukkan gejala.

Sebaliknya, jika merasa diri sendiri menunjukkan gejala penyakit saat sedang bepergian seperti batuk, demam atau sulit nafas, sebaiknya segera menghubungi penyedia layanan kesehatan terdekat.

Wisatawan juga dihimbau untuk secara teratur menggunakan hand sanitiser dan menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain jika memungkinkan.

***

Jika sudah dibekali informasi yang tepat, kamu tidak perlu lagi merasa ragu saat harus melakukan perjalanan di tengah maraknya penyebaran corona.

Begitu pula saat memilih partner untuk mendokumentasikan perjalanan kamu. Pastikan hanya FrameATrip.com yang membantu mengabadikan setiap momen indah liburanmu.

FrameATrip.com

Mau oleh-oleh liburan yang tak biasa? Bagikan saja foto-foto dari FrameATrip.com untuk  orang-orang terdekatmu agar mereka ikut merasakan momen indah yang kamu rasakan.

Detty Frameatrip

Share
Published by
Detty Frameatrip
Tags: Europe

Recent Posts

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

5 hours ago

Hakuba Valley, Serunya Wisata Resort Ski Terlaris di Jepang

Hakuba Valley merupakan sebuah lembah yang berada di Pegunungan Alpen Utara Jepang.di Prefektur Nagano. Para…

22 hours ago

Bulan Madu ke Amerika, Panduan New York Khusus Pengantin Baru

Kota yang populer dengan julukan “Big Apple” karena memiliki hal-hal berbeda yang untuk ditawarkan kepada…

1 day ago

Bak Lukisan Alam Terhampar, Catat Trend Wisata Musim Semi Eropa 2020

Beberapa negara di Eropa telah memasuki musim semi pertengahan Maret ini. Sedangkan pada awal bulan…

2 days ago

Taman Bunga Bersemi, Kegiatan Wisata Populer di Washington yang Bisa Dilakukan

Sebagai ibukota negara Amerika Serikat, Washington DC tentu memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak akan…

2 days ago

Perjalanan Internasional Saat Pandemi Corona, Perlukah Vaksinasi?

Tetap bepergian selagi virus corona menyebar mendatangkan ketakutan tersendiri bagi sebagian orang. Meski begitu selalu…

3 days ago