Categories: Asia

Sensasi Pengalaman Seru Bertualang Menyusuri Sungai Brahmaputra India

Mungkin wisatawan akan lebih tertarik dengan Taj Mahal atau mengunjungi kota-kota seperti New Delhi dan Hyderabad.

Namun, aktivitas di India tidak hanya sekedar wisata kota dan peninggalan sejarah yang telah menjadi salah satu keajaiban dunia.

India menawarkan salah satu atraksi seru untuk menjelajah Sungai Brahmaputra dengan menggunakan kapal pesiar yang pasti akan menjadi pengalaman yang seru.

Meskipun tak setenar sungai Gangga, namun kamu akan lebih puas dengan melakukan aktivitas di sungai Brahmaputra.

Berikut ini adalah sejumlah informasi mengenai aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sungai Brahmaputra.

Menyusuri Sungai dengan Kapal Pesiar

Travel Weekly

Sungai Brahmaputra merupakan salah satu sungai terbesar yang ada di Benua Asia. Sungai ini merupakan aliran air yang berasal dari mata air pegunungan Himalaya di Tibet Barat dan bermuara di Teluk Bengal Bangladesh.

Di India, sungai ini mengalir melalui suatu wilayah yang disebut dengan Assam. Di sini, kamu bisa memulai aktivitas untuk menyusuri sungai dengan kapal pesiar melalui layanan Perusahaan Assam Bengal Navigation (ABN) sebagai operator perjalanan kapal pesiar.

Kamu akan menikmati perjalanan yang berlangsung dari 4 hingga 10 malam lengkap dengan layanan makan dan kunjungan ke daratan.

Berlayar dengan Kapal Sukapha

getaboutasia

Berlayar juga bisa kamu lakukan dengan sedikit berbeda dengan layanan pelayaran 8 hari di atas kapal Sukapha yang berlangsung dari Silghat ke Sibsagar.

Pelayaran ini akan melalui Pulau Majuli, yang dianggap sebagai pulau sungai terbesar di dunia. Melalui pelayaran ini kamu akan menikmati pemandangan yang bervariasi dari hutan yang subur hingga hamparan pasir dan sawah yang tandus.

Assam Bengal Navigation

Jika kamu beruntung, sepanjang pelayaran kamu bisa menyaksikan berbagai hewan liar. Seperti gajah, lumba-lumba air tawar, kerbau air, aneka burung, dan harimau.

Bagi pecinta fotografi, disediakan area dek khusus sebagai tepat untuk menangkap momen menakjubkan terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Mengunjungi Desa-desa di Tepi Sungai

textilevaluechain

Berhari-hari di atas kapal tentu akan membosankan. Maka dari itu, kamu akan diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa desa yang berada di tepi sungai.

Desa Mishing kamu dapat mengunjungi kuil-kuil dan biara-biara kuno. Kemudian melihat para biksu menari seperti para darwis ketika mereka memainkan alat musik tradisional.

Taman Nasional Kaziranga

kaziranga-national-park.com

Dalam pelayaran, kamu akan melewati Taman Nasional Kaziranga. Di tempat ini, kapal akan bersandar dan memberikan kesempatan kamu untuk mengunjungi taman nasional ini.

Di sini kamu bisa menyaksikan berbagai hewan langka dan eksotis seperti  badak bercula satu, gajah, kerbau, rusa, kera lutung, bison, dan bangau besar.

Bermalam di Taman Nasional Manas

traveltriangle

Sukapha memiliki tender atau semacam sekoci yang didekorasi dengan indah yang khusus disediakan untuk membawa para penumpang ke daratan.

Sementara ABN mengoperasikan pondok hutan yang sederhana namun sangat nyaman bernama Bansbari Lodge yang terletak di pintu masuk Taman Nasional Manas di Assam.

Hotels.com India

Bansbari Lodge merupakan kamar sederhana dengan perlengkapan berupa twin bed, kamar mandi, toilet en-suite, dan area outdoor.

Pondok ini menghadap ke taman teh yang megah dan luas dan menyediakan beberapa tur untuk pejalan kaki yang bisa kamu ikuti

Mengemudi Mobil Atap Terbuka

orientrailjourneys

Di Taman Nasional Manas, kamu bisa mengendarai mobil beratap terbuka menuju perbatasan India dan Bhutan dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari Lodge.

Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 90 menit perjalanan karena kondisi jalan yang menantang. Sepanjang jalan, kamu akan sangat kagum.

Karena melihat kawanan gajah liar, bison India, monyet, berbagai jenis rusa, burung merak, luwak, dan aneka burung yang eksotis.

***

Bagaimana, mau mencoba pelayaran di sungai Brahmaputra? Jangan lewatkan setiap momen seru pada traveling ini.

Sudah sejauh ini bertualang, sudah seharusnya kamu mengabadikan perjalanan dengan foto – foto keren jepretan fotografer handal dari FrameATrip.com.

Pesan sekarang juga via website FrameATrip.com dan mulailah merencanakan aktivitas traveling dengan sebaik-baiknya.

Detty Frameatrip

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

2 years ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

2 years ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

2 years ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

2 years ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

2 years ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

2 years ago