Categories: Europe

11 Tips Traveling ke Eropa Tanpa Khawatir Kehabisan Ongkos

Eropa merupakan benua yang tidak membosankan meskipun dikunjungi berkali-kali. Dari negara yang kecil Liechtenstein hingga negara raksasa Rusia mampu menarik mata wisatawan dari seluruh belahan dunia. Namun, untuk dapat mengunjungi Eropa juga membutuhkan biaya yang sangat besar. .

Harga hotel di kota besar seperti Paris, Roma, Madrid, London, dan lain sebagainya akan membuat dompetmu menipis dengan cepat, belum lagi biaya untuk tiket pesawat dan biaya kehidupan di sana.

Kalau ingin liburan ke Eropa dengan budget yang tidak terlalu besar, gunakan tips traveling hemat ke Eropa berikut ini.

Memilih Penerbangan dengan Maskapai Budget

Kegiatan traveling ke Eropa biasanya tidak hanya dilakukan pada satu negara saja. Untuk perjalanan antar negara, sebaiknya kamu menggunakan maskapai penerbangan budget yang ramah dompet seperti Ryanair atau Easyjet.

Memilih Waktu saat Off Season

Harga penginapan dan tiket pesawat saat musim panas jauh lebih tinggi dibandingkan musim lainnya karena musim panas merupakan peak season untuk jalan-jalan di Eropa.

Harga tiket dan hotel mulai naik dari awal bulan Juni hingga akhir bulan Agustus. Sebaiknya kamu hindari traveling di bulan Agustus, karena selain mahal Agustus merupakan bulan teramai saat semua orang sedang mengambil cuti tahunannya di Eropa.

Memilih Destinasi dengan Harga Lebih Terjangkau

Mengunjungi Paris dan Amsterdam tentu saja tidak murah. Sebagai gantinya, pertimbangkan beberapa kota murah di Eropa, seperti Krakow, Porto, Bucharest, Kiev, Budapest dan lain sebagainya. Sebaiknya, kamu memutuskan jenis liburan dan mencari opsi alternatifnya.

Memilih Hostel atau Airbnb

Harga menginap di hostel memang tidak semurah dulu, tetapi kamu masih bisa menghemat banyak uang dibandingkan dengan menginap di hotel. Hampir semua kota besar di Eropa memiliki hostel yang bisa kamu pertimbangkan untuk menginap.

Alternatif lainnya yang yang bisa kamu pilih adalah Airbnb. Airbnb adalah menyewa kamar rumahan untuk tempat tinggal jangka pendek yang disediakan oleh pemilik rumah tersebut.

Secara umum, kamar Airbnb lebih murah daripada kamar hotel. Keuntungan lain, kamu akan mendapat kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan orang lokal.

Menggunakan Poin/Mile dengan bijak

Kalau kamu punya simpanan poin/mil, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk traveling murah di Eropa.

Misalnya, kalau kamu tidak dapat menemukan ketersediaan penukaran poin/mile di British Airways, kamu bisa mentransfernya ke Iberia atau Aer Lingus untuk seluruh opsi penukaran lainnya. Jadi kamu harus kreatif dengan poin dan mil yang kamu.

Perhatikan Penggunaan Mata Uang

Tidak semua negara di Eropa menggunakan mata uang Euro, ada beberapa negara yang tetap menggunakan mata uang sendiri.

Jadi kamu harus memperhatikan terlebih dahulu mata uang yang digunakan negara tujuanmu.. Pastikan kamu tidak menukarkan uang di bandara saat mendarat karena harga tukar mata uang di bandara biasanya lebih mahal.

Mengetahui Aturan dalam Pemberian Tips

Mengetahui aturan memberi tips akan menghindari kamu dari kecurangan. Tips biasanya tidak lebih dari 10%. Bahkan bagi beberapa negara sangat dilarang untuk memberikan tips.

Gunakan aplikasi seperti Gratitude Tipping yang dapat membantu kamu mengetahui aturan memberi tips berdasarkan negara baik pemberian tips kepada pengemudi, pemandu, staf menunggu restoran, bartender, staf hotel, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kereta

Meskipun kereta tidak selalu murah, namun kadang-kadang harganya bisa terjangkau dan mudah,- terutama saat dipesan lebih awal.

Kereta akan membantu kamu menghindari penundaan bandara, turbulensi, dan dan memberikan kesan lain dibandingkan naik pesawat.

Kereta juga bisa menjadi pilihan ideal untuk beberapa perjalanan di Eropa, karena perjalanan kereta bisa menjadi bagian dari kegiatan traveling.

Travel Light

Hampir semua maskapai penerbangan di Eropa membebankan biaya untuk bagasi terdaftar. Selain itu, banyak pengemudi taksi di seluruh Eropa yang membebankan biaya tambahan untuk bagasi. Kamu dapat menghindarinya dengan Travel light.

Mengikuti Program Perjalanan Gratis

Kebanyakan kota di Eropa menawarkan tur jalan gratis. Tur jalan gratis menjadi kesempatan yang tepat untuk bertemu traveller lain dari berbagai negara.

Periksa Paket Data Seluler

Beberapa negara di Eropa terdapat jaringan seluler yang menawarkan roaming gratis. Namun, syarat dan ketentuan tetap berlaku sehingga kamu harus memastikan terlebih dahulu layanannya. Ide lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan free WiFi dan membeli SIM Lokal di negara tujuan.

***

Nah, itu dia 11 tips travelling yang bisa kamu ikuti agar biaya perjalanan lebih ekonomis.

Mau budget semakin hemat dan memorable? Pastikan kamu booking jasa foto travel FrameATrip.com ya!

Profesional, bergaransi dan anti ribet. Klik FrameATrip.com sekarang juga untuk detail infonya.

Detty Frameatrip

Share
Published by
Detty Frameatrip
Tags: Europe

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

2 years ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

2 years ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

2 years ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

2 years ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

2 years ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

2 years ago