Categories: Travelling

Penerapan Layanan Baru Jepang di Bandara Narita, Semakin Manjakan Wisatawan

Pemerintah Jepang terus melakukan pembenahan untuk menjadikan negeri Sakura sebagai destinasi wisata yang lebih menarik.

Salah satunya adalah mempermudah prosedur keluar masuknya wisatawan asing di Bandara Narita.

Bagaimana kebijakan baru ini dapat memberikan kenyamanan pada wisatawan asing yang akan masuk atau meninggalkan Jepang? Berikut uraian selengkapnya.

Pintu Gerbang Jepang

forbesimg

Terletak di Narita, Prefektur Chiba, Jepang, bandara Narita merupakan pintu gerbang bagi banyak wisatawan asing yang akan berkunjung maupun meninggalkan Jepang.

Merupakan salah satu bandara terbaik di dunia, Naritadilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik untuk wisatawan, sebut saja area belanja dan restoran, transit dan city tour gratis. Serta akses transportasi yang mudah ke berbagai kota besar dan tempat wisata di Jepang.

Layanan baru di Bandara Narita untuk wisatawan asing

businesstraveller

Tak hanya fasilitas bandara yang memukau, upaya pemerintah Jepang untuk menyambut wisatawan asing juga diperluas dengan diberlakukannya kebijakan baru untuk memberikan kenyamanan yang lebih.

Yaitu, sejak tanggal 27 Agustus turis asing diijinkan untuk menggunakan layanan gerbang pengenalan wajah (face recognition gates) dan deklarasi bea cukai elektronik.

Baik, saat datang maupun meninggalkan Jepang untuk mengurangi tekanan penerbangan jarak jauh. Sebelumnya hanya warga Jepang saja yang bisa memanfaatkan layanan-layanan baru tersebut.

Prosedur penerapan sistem baru di Narita

cheapoguides

Sistem pengenalan wajah hanya dapat digunakan oleh penumpang yang memiliki paspor dengan chip elektronik. Chip inilah yang dipindai oleh perangkat khusus di pintu gerbang.

Kemudian secara otomatis mencocokkan foto dalam dokumen perjalanan dengan yang diambil dari pemegangnya di pintu gerbang.

Awal penerapan sistem baru ini di bandara Narita

matcha-jp.com

Mekanisme ini diperkenalkan pada Juni tahun lalu di Bandara Narita untuk memperlancar proses masuk bagi orang Jepang.

Empat bulan setelahnya, program ini diperluas untuk penumpang Jepang yang akan meninggalkan negara itu.

Dan sejak Agustus 2019, kesempatan untuk menggunakan layanan-layanan baru di bandara ini juga diperluas untuk turis asing yang tinggal di Jepang hingga 90 hari untuk tamasya dan tujuan lain untuk lebih mudah meninggalkan negara itu.

Tujuan penerapan sistem baru di bandara Narita

ycat.co.jp

Layanan atau sistem baru yang diterapkan di bandara Narita bertujuan untuk mengurangi waktu tunggu.

Sistem ini memungkinkan kedatangan maupun keberangkatan penumpang non domestik yang masuk dan meninggalkan Jepang menjadi lebih cepat untuk mengurangi stres perjalanan.

Gerbang deklarasi bea cukai elektronik memungkinkan penumpang untuk menyelesaikan prosedur pabean pada aplikasi smartphone. Bahkan, sebelum mengambil barang bawaan mereka.

Jika tidak diperlukan pembayaran pajak atau pemeriksaan pabean, seseorang dapat melewati pabean, menggunakan layanan pengenalan wajah berdasarkan paspor chip elektronik.

***

FrameATrip.com

Wah, totalitas Jepang untuk memanjakan wisatawan asing patut dicontoh negara-negara lain. Jadi ingin segera liburan ke Jepang bukan?

Sebelum berangkat liburan, pastikan kamu sudah memesan sesi foto liburan bersama FrameATrip.com.

Sebuah platform layanan yang menghubungkan wisatawan dengan fotografer lokal di tempat tujuan.

Sekarang kamu tidak perlu ribet soal foto karena ada FrameATrip.com yang membantu mengabadikan momen-momen spesial dalam liburan.

Detty Frameatrip

Comments are closed.

Recent Posts

Raih Penghargaan ‘Best for Romance’, San Diego Destinasi Terbaik Couple Traveller

Memiliki banyak tempat wisata terkenal, seperti Balboa Park, Seaport Village, SeaWorld, dan deretan pantai indah, tak salah bila San Diego…

1 hour ago

Bikin Sport Jantung! Nikmati Aksi Akrobatik Shanghai Circus World di China

Cina adalah salah satu negara paling populer diantara bermacam golongan wisatawan, entah itu pemburu sejarah atau pencinta kuliner dan belanja.…

6 hours ago

Gurun Atacama Chili, Mengagumi Kemewahan Resort di Tengah Padang Tandus

Selama ini, banyak wisatawan berkunjung ke Chili hanya untuk melihat Patagonia, yang telah diakui sebagai obyek wisata ikonik dan terkenal…

1 day ago

Perjalanan Ski ke Jepang, Tips Booking Pemandu Sesuai Anjuran Pakar

Memiliki lintasan ski yang tak kalah dengan Pegunungan Alpen Swiss, Jepang menjadi favorit pecinta ski dari Asia dan Australia karena…

1 day ago

Pesona Kota Skane, Destinasi Wisata Swedia yang Sering Diremehkan Turis

Lupakan sejenak kota-kota ramai seperti Stockholm dan Gothenburg karena Swedia masih menyimpan permata lain yang layak untuk digali. Skane, adalah…

3 days ago

Banyak Tersenyum, 4 Tips Asyik Ketemu Teman Baru Sesama Traveller

Bersamaan dengan menikmati pemandangan yang indah, mencicipi masakan lokal dan belajar budaya lain, bertemu orang-orang baru adalah salah satu bagian…

4 days ago