Categories: Travelling

Peduli Lingkungan, Barbados Larang Plastik Sekali Pakai

Invasi sampah plastik yang terus merusak lingkungan khususnya laut mulai memunculkan kesadaran untuk melakukan suatu tindakan pencegahan.

Tak tanggung-tanggung, Barbados mengumumkan hal yang fenomenal dan menjadi berita baik untuk kelestarian lingkungan khususnya habitat satwa liar di pulau tersebut.

Larang Plastik Sekali Pakai

Perairan sebening kristal, pasir putih, dan makin dipopulerkan oleh penyanyi ternama Rihanna, Barbados memiliki banyak hal untuk dikagumi.

Namun, sebuah inisiatif yang baru diluncurkan membuat Pulau di Matahariitu akan menjadi tempat yang lebih luar biasa untuk tinggal dan dikunjungi, setelah pemerintah Barbar melarang plastik sekali pakai.

Berlaku Mulai 2019

Itu benar. Mulai 1 April 2019, Barbados melarang impor, ritel, penjualan, dan penggunaan berbasis petro, yaitu plastik yang terbuat dari minyak bumi, plastik sekali pakai.

Sedangkan mulai 1 Januari 2020, akan ada larangan untuk semua kantong plastik berbasis (tidak termasuk kantong plastik sekali pakai yang digunakan untuk obat-obatan, kebersihan dan perlindungan makanan).

Hal ini didorong oleh keingina Barbados yang ingin dikenal sebagai negara dan tujuan yang ramah lingkungan. Bukan hanya bebas sampah plastik, tapi rencananya di tahun 2030 pemerintah mencanangkan untuk bebas bahan bakar fosil.

Punya Efek Positif

Larangan ini disambut positif karena memiliki efek yang signifikan pada upaya konservasi satwa liar di pulau Karibia. Menurut penelitian, 52% penyu di seluruh dunia telah memakan sampah plastik, dan 22% mati sia-sia.

Barbados sendiri merupakan rumah bagi populasi penyu sisik terbesar kedua di Karibia, dengan 500 penyu betina bertelur per tahun.

Larangan itu jelas merupakan kabar baik bagi mereka dan kelompok-kelompok seperti Barbados Sea Turtle Project yang telah terlibat dalam konservasi selama lebih dari 25 tahun.

Kita pun bisa mengikuti jejak Barbados dalam mengurangi sampah plastik selama traveling. Mulai dari membawa tas belanja sendiri, mengurangi penggunaan sedotan plastik, hingga membawa alat makan dan minum sendiri.

Selain itu, sebaiknya hindari membeli oleh-oleh yang dapat melukai atau merusak alam seperti binatang yang diawetkan.

***

FrameATrip.com

Untungnya ada pilihan oleh oleh dari Barbados lainnya berupa foto-foto keren dan berkesan yang diabadikan oleh tim fotografer dari FrameATrip.com.

Bukan hanya sekadar mendokumentasikan perjalananmu, tapi juga menjadi guide yang akan menunjukkan spot-spot fotogenik. Segera kunjungi situs resminya untuk mendapat informasi yang lebih lengkap dan penawaran menariknya.

Detty Frameatrip

Comments are closed.

Recent Posts

Joshua Tree National Park, California: Stargazing, Birding Hingga Selfie di Jalur Tengkorak

Penggemar film Star Wars pasti mengenal planet fiksi Tatooine. Sementara pecinta musik tentu tidak asing dengan  lagu 'The Joshua Tree'…

3 hours ago

Hindari Jebakan Turis, Jepang Punya Banyak Alternatif untuk Bersenang-Senang

Di Jepang, terdapat beberapa atraksi yang dinilai berlebihan tetapi sebenarnya kurang memuaskan tercantum dalam daftar kunjungan. Bila tidak ingin menghamburkan…

20 hours ago

Cuma Ada di Musim Dingin Quebec! Momen AJAIB Mendayung Lautan Es

Semua orang mengenal Quebec sebagai bagian wilayah Kanada yang berbahasa Perancis. Akan tetapi mungkin hanya sedikit saja yang mengetahui bila…

1 day ago

Cuaca Bersahabat & Pantai Berkilau, Yuk Plesiran Keluarga ke Majorca

Kepulauan Balears di Spanyol memang luar biasa secara kesuluruhan. Salah satu pulau utama yang sekaligus tujuan wisata di wilayah ini…

2 days ago

Cek Daftarmu! 5 Spot Wisata Teramai di Jepang yang Sayang Dilewatkan

Memiliki budaya unik dan sejarah yang kaya menjadikan Jepang sebagai destinasi favorit para turis. Tak mengherankan bila kemudian banyak tempat…

2 days ago

Belajar Geologi Hingga Zipline, 5 Aktivitas Seru di Inggris Buat Si Pecinta Alam

Inggris bukan hanya jadi rumah bagi pecinta anggota keluarga kerajaan Inggris yang fenomenal atau penyuka arsitektur kuno, tapi juga cocok…

3 days ago