Categories: Travelling

Peduli Lingkungan, Barbados Larang Plastik Sekali Pakai

Invasi sampah plastik yang terus merusak lingkungan khususnya laut mulai memunculkan kesadaran untuk melakukan suatu tindakan pencegahan.

Tak tanggung-tanggung, Barbados mengumumkan hal yang fenomenal dan menjadi berita baik untuk kelestarian lingkungan khususnya habitat satwa liar di pulau tersebut.

Larang Plastik Sekali Pakai

Perairan sebening kristal, pasir putih, dan makin dipopulerkan oleh penyanyi ternama Rihanna, Barbados memiliki banyak hal untuk dikagumi.

Namun, sebuah inisiatif yang baru diluncurkan membuat Pulau di Matahariitu akan menjadi tempat yang lebih luar biasa untuk tinggal dan dikunjungi, setelah pemerintah Barbar melarang plastik sekali pakai.

Berlaku Mulai 2019

Itu benar. Mulai 1 April 2019, Barbados melarang impor, ritel, penjualan, dan penggunaan berbasis petro, yaitu plastik yang terbuat dari minyak bumi, plastik sekali pakai.

Sedangkan mulai 1 Januari 2020, akan ada larangan untuk semua kantong plastik berbasis (tidak termasuk kantong plastik sekali pakai yang digunakan untuk obat-obatan, kebersihan dan perlindungan makanan).

Hal ini didorong oleh keingina Barbados yang ingin dikenal sebagai negara dan tujuan yang ramah lingkungan. Bukan hanya bebas sampah plastik, tapi rencananya di tahun 2030 pemerintah mencanangkan untuk bebas bahan bakar fosil.

Punya Efek Positif

Larangan ini disambut positif karena memiliki efek yang signifikan pada upaya konservasi satwa liar di pulau Karibia. Menurut penelitian, 52% penyu di seluruh dunia telah memakan sampah plastik, dan 22% mati sia-sia.

Barbados sendiri merupakan rumah bagi populasi penyu sisik terbesar kedua di Karibia, dengan 500 penyu betina bertelur per tahun.

Larangan itu jelas merupakan kabar baik bagi mereka dan kelompok-kelompok seperti Barbados Sea Turtle Project yang telah terlibat dalam konservasi selama lebih dari 25 tahun.

Kita pun bisa mengikuti jejak Barbados dalam mengurangi sampah plastik selama traveling. Mulai dari membawa tas belanja sendiri, mengurangi penggunaan sedotan plastik, hingga membawa alat makan dan minum sendiri.

Selain itu, sebaiknya hindari membeli oleh-oleh yang dapat melukai atau merusak alam seperti binatang yang diawetkan.

***

FrameATrip.com

Untungnya ada pilihan oleh oleh dari Barbados lainnya berupa foto-foto keren dan berkesan yang diabadikan oleh tim fotografer dari FrameATrip.com.

Bukan hanya sekadar mendokumentasikan perjalananmu, tapi juga menjadi guide yang akan menunjukkan spot-spot fotogenik. Segera kunjungi situs resminya untuk mendapat informasi yang lebih lengkap dan penawaran menariknya.

Detty Frameatrip

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

3 months ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

3 months ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

3 months ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

3 months ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

3 months ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

3 months ago