Bagi para pensiunan bisa melakukan perjalanan ke luar negeri adalah kebahagiaan tersendiri. Meski, kondisi fisik tidak semuda dulu, tetapi orang lansia memiliki lebih banyak kebebasan bepergian ketimbang kawula muda yang masih bekerja penuh waktu.

Di sisi lain, orang lanjut usia di atas 50 tahun juga harus hati – hati ketika bepergian. Mengingat sebagian besar orang tua memiliki riwayat penyakit atau kondisi medis tertentu.

Selain rajin meminum obat secara teratur, yuk ikuti panduan nyaman bepergian bersama lansia berikut ini.

1. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

FrameATrip.com

 

Sebelum berangkat liburan ke luar negeri, berbicaralah dengan dokter. Ahli medis akan merekomendasikan vaksin tertentu sebelum berkunjung ke suatu negara.

2. Mempersiapkan  resep obat

FrameATrip.com

 

Pastikan persediaan obat yang harus diminum sudah lengkap dan mencukupi sebelum bepergian jauh dari rumah. Saat berkonsultasi dengan dokter, mintalah saran tentang makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari.

FrameATrip.com

 

Buatlah daftar obat yang akan dikonsumsi dan manfaatnya. Daftar ini meliputi: dosis, nama obat, generik, nama merek, harga, dll. Cantumkan juga riwayat medis lansia sebelumnya, misalnya: serangan jantung.

Hal ini akan berguna bagi ahli medis di kota destinasi untuk mengetahui kondisi medis lansia.

3. Simpan obat dalam wadah aslinya

FrameATrip.com

 

Beberapa orang berusaha membuat koper lebih ringkas dengan menempatkan obat dalam bentuk plastik atau wadah lain. Padahal, ini bisa menyebabkan masalah ketika melewati bea cukai atau bahkan dalam penerbangan domestik.

Lebih baik, biarkan obat dalam wadah aslinya. Nanti, setelah sampai di kota destinasi, barulah dipindah ke wadah lain.

4. Memperbanyak minum air selama penerbangan

FrameATrip.com

 

Berada di ketinggian, kabin pesawat bisa sangat kering. Hal ini membuat kondisi tenggorokan dan mulut sangat kering, ditambah efek samping minum obat.

Saat naik pesawat, bicaralah dengan pramugari dan jelaskan jika lansia membutuhkan air ekstra agar tetap terhidrasi.

Jika harus minum obat selama penerbangan, jangan segan meminta segelas air kepada pramugari atau camilan ringan agar minum obat lebih mudah.

Baca Juga :  4 Tips Dapatkan Hotel Terbaik Sesuai Budgetmu, Catat ya..

***

Berbekal tips – tips di atas, semoga perjalanan bersama orang lansia ke luar negeri menjadi lebih nyaman dan menyenangkan yaa..

FrameATrip.com

 

Jangan khawatir, bersenang-senang bareng keluarga merupakan obat mujarab untuk berbagai penyakit. Hanya patut diingat, tetap rajin meminum obat dan usahakan agar tidak terlalu banyak kegiatan yang membuat lansia kelelahan.

Vivi in Bali - Captured by Aswin
FrameATrip.com – Vivi in Bali – Captured by Aswin

Pastikan juga, di tempat destinasi yang istimewa, kamu menyiapkan sesi fotografi liburan bersama ahlinya. Platform FrameATrip.com yang berpengalaman dan profesional.

FrameATrip.com

 

Liburan keluarga besar mengajak kakek-nenek akan semakin spesial dan bisa dikenang sepanjang masa. Nah, pesan sesimu sekarang hanya di FrameATrip.com.

Related Posts