Ramen, mie soba dan Udon, mungkin adalah mie Jepang yang akrab di telinga turis. Tetapi, ada satu lagi mie unik yang wajib dicoba, Nagashi Somen.

Nagashi Somen adalah cara unik untuk menyajikan mie putih tipis melalui air dingin yang mengalir. Mie akan meluncur cepat dari bilah bambu, dan kamu harus secepatnya mengambil mie memakai sumpit.

Bagaimana, serunya “memancing” mie dingin yang unik dan pasti bikin anak – anak riang saat mencobanya? Yuk, simak penelusuran berikut ini.

Restoran Hirobun, Kibune, Kyoto

matsuri-restaurant.com

 

Nagashi Somen paling terkenal dapat ditemukan di restoran Hirobun, yang terletak di Kibune, Kyoto. Mereka hanya melayani Nagashi Somen di musim panas, ketika kamu bisa duduk di platform “Kawadoko” tepat di atas aliran sungai.

Menikmati mie ini harus terampil dan cekatan mengambilnya. Jika tidak bisa ditangkap, mie yang mengalir akan diambil orang di sebelahmu atau ditampung di tempat tirisan mie dan tidak akan digunakan lagi.

Jika kamu melihat ada mie somen merah meluncur, ini berarti adalah kesempatan terakhir menikmati mie sebelum menyerahkan kursimu pada orang lain dalam antrian.

Karena itu, restoran hanya bisa menampung sekitar 8 pengunjung untuk Nagashi Somen pada satu waktu, dan setiap sesi makan memakan waktu sekitar 15 menit.

Memancing mie yang menghibur

Serious Eats

 

Somen sendiri mirip seperti mie putih tipis yang terbuat dari tepung terigu. Di Jepang, mie ini dimakan dingin, dicelupkan dalam kaldu dingin.

Somen dimasak sangat cepat, hidangan sangat sederhana dan menyegarkan. Jadi, hanya disajikan tatkala musim panas.

Nagashi berasal dari kata “nagasu” yang berarti mengalir. Gunakan sumpitmu untuk secepatnya mengambil mie yang mengalir dalam seluncuran air dari bilah bambu.

Mencoba mie dingin yang unik ini, bagi turis merupakan pengalaman yang menyenangkan. Terlebih saat kamu harus mengambil mie soba secepatnya dalam hitungan detik. Jangan menyerah untuk mencoba, karena kamu akan dibantu oleh staf restoran.

Coba, setidaknya satu kali seumur hidup

jpninfo.com

 

Restoran Hirobun sangat indah. Berada di sebuah desa kecil yang ada di lereng gunung. Hanya ada satu jalan, dan di sisi lain ada bangunan ryokan kuno untuk akomodasi pengunjung.

Sementara, di sisi lain, Sungai Kibunegawa yang mengalir tenang dan mengalunkan suara lembut menentramkan jiwa.

Kamu akan melihat beberapa restoran sengaja dibangun di atas sungai. Jadi, kamu akan merasakan pengalaman luar biasa duduk di meja beralas tikar tatami yang hanya sejengkal di atas aliran sungai yang deras.

Baca Juga :  Bosan Liburan yang Biasa, Yuk Cobain Berburu Beruang di Hokkaido

***

Duh, jadi makin kepingin liburan ke Kyoto untuk mencoba serunya menikmati Nagashi Somen, kan!

FrameATrip.com

 

Jangan khawatir, sampai 30 April 2019, FrameATrip.com masih menawarkan Promo Frame the Sakura untuk mengabadikan liburan ke Jepang secara profesional dengan harga terjangkau.

Per paket kini mendapatkan diskon hingga 54% untuk 100 lembar foto dalam sesi berdurasi 2 jam. Pesan sekarang di sini dan sesinya boleh dipakai hingga 30 Juni 2019 mendatang.

FrameATrip.com

 

Foto – foto liburanmu bisa diunduh dalam 3 hari kerja untuk mengenang pengalaman seru ke Negeri Sakura.

Enjoy your magnificent trip with FrameATrip.

Related Posts