Categories: Travelling

Waduh, Salah Menaruh Sumpit Berakibat Fatal! 5 Budaya Jepang yang Unik

Meski sudah satu setengah abad lebih Jepang membuka pelabuhannya untuk dunia luar, setelah ratusan tahun terisolasi, Negeri Sakura masih tetap menyimpan banyak misteri.

Beberapa hal terkait budaya Jepang yang cukup unik masih membingungkan banyak orang, terutama para wisatawan asing.

Berencana melakukan perjalanan ke Jepang? Cek dulu beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang budaya Jepang berikut ini.

1. Omiyage lebih dari sekedar souvenir

Digital Guff – Aminus3

Istilah ‘omiyage’ yang sering diterjemahkan sebagai ‘souvenir’ dalam bahasa Inggris ternyata mengandung makna yang lebih mendalam.

Tidak seperti souvenir, yang sering dibeli seseorang untuk dirinya sendiri, omiyage mengacu pada sesuatu yang dibawa oleh keluarga, teman atau rekan kerja sepulang melakukan perjalanan.

FrameATrip.com

Biasanya omiyage adalah makanan khusus dari berbagai daerah yang dikemas dalam kotak-kotak indah berwarna cerah yang setiap jenis makanan  dibungkus tersendiri agar mudah dibagikan.

Jika dunia luar menganggap oleh-oleh sebagai isyarat yang baik, di Jepang membawa omiyage setelah bepergian adalah sebuah pengharapan.

2. Natal adalah liburan romantis

FrameATrip.com

Dengan jumlah penganut Kristen sekitar 2 persen dari populasi negeri, Natal menjadi sesuatu yang baru di Jepang jika dibandingkan dengan hari libur keagamaan.

FrameATrip.com

Kebanyakan orang Jepang merayakannya pada Malam Natal daripada Hari Natal dan mereka menganggap Malam Natal sebagai malam kencan yang romantis mirip Valentine’s Day.

Banyak pasangan pergi makan malam mewah dan bertukar kado romantis di malam itu.

3. Wanita Jepang dulu biasa menghitamkan gigi

FrameATrip.com

Selama berabad-abad, budaya menghitamkan gigi, yang dikenal sebagai ‘ohaguro’, adalah perilaku yang dianggap sudah biasa untuk kebanyakan wanita Jepang, terutama mereka yang sudah menikah dan geisha.

FrameATrip.com

Lebih dari anggapan menarik, praktik ini juga dipercaya dapat melindungi gigi terhadap kerusakan dan masalah lainnya. Berbagai zat seperti campuran lilin gigi dan tinta mereka pilih untuk mempertahankan penampilan hitam pada gigi.

FrameATrip.com

Namun, budaya unik ini mulai luntur sejak akhir abad ke-19 seiring dengan larangan pemerintah dan upaya pihak terkait untuk memodernisasi Jepang.

4. Hati-hati meletakkan sumpit

Menusukkan sumpit ke dalam makanan saat berhenti makan mungkin hal biasa di tempat lain. Tapi lain halnya jika kamu melakukannya di Jepang.

Seperti ritual upacara yang diadakan di pemakaman Jepang, jika ada seseorang yang melakukanya maka dianggap sebagai suatu pertanda buruk.

FrameATrip.com

Selain itu, seseorang dilarang untuk berbagi makanan kepada orang lain dari sumpit ke sumpit karena dianggap tabu. Jika ingin berbagi, maka gunakan sumpit untuk meletakkan makanan di piring orang lain.

5. Saling menuangkan minuman

FrameATrip.com

Ketika minum bersama, orang-orang Jepang terbiasa untuk menuangkan minuman ke gelas orang lain daripada menuangkan ke gelas mereka sendiri.

FrameATrip.com

Tunggulah orang lain untuk mengisi gelasmu ketika kosong sembari mengamati gelas lain yang sekiranya kosong karena mereka menunggumu untuk mengisinya kembali. Jika memutuskan untuk berhenti minum, maka biarkan saja gelasmu penuh.

***

FrameATrip.com

Belajar berbagai budaya dari negeri yang akan dikunjungi tak kalah penting dengan persiapan liburan lainnya. Minim pengetahuan tidak hanya akan medatangkan rasa malu bagi diri sendiri tapi juga bisa berakibat kamu dicap sebagai turis tak beretika.

FrameATrip.com

Sama halnya dengan dokumentasi liburan, jika tanpa persiapan yang matang hasilnya pasti mengecewakan.

Untuk foto liburan yang bergaransi hasil sempurna hanya FrameATrip.com yang bisa memberikannya.

FrameATrip.com

Segera pesan sesimu di FrameATrip.com dan nikmati liburan yang menyenangkan dengan foto-foto kenangan yang berkesan selamanya.

Detty Frameatrip

Comments are closed.

Recent Posts

Belanja Sepuasnya di Kawasaki, Alternatif Liburan Jepang Selain Tokyo

Banyak yang berpkir bahwa liburan ke negeri sakura ini identik dengan kota Tokyo. Tentu kamu ingin merasakan halyang berbeda dengan…

2 hours ago

Bikin Sulit Move On! 7 Daftar Destinasi Terindah Paling Menghipnotis

Saat kamu ingin menikmati liburan yang berkesan, pastinya beberapa tempat sudah kamu tandai atau dituliskan di plan listmu. Sebelum memilih…

7 hours ago

Damainya 5 Pulau Terpencil di Jepang, Cocok untuk Menyepi Hilangkan Stres

Jepang merupakan negara yang memiliki 6.852 pulau. Tentunya dengan banyak pulau yang dimiliki menjadikan Jepang memiliki kekayaan dan keindahan Alam.…

1 day ago

6 Kota Mengagumkan yang Ramah Jalur Bersepeda, Gowes yuk!

Bagi kamu yang bingung mengisi kegiatan saat liburan, tentunya bersepeda menjadi jawaban yang unik. Pasalnya, dengan bersepeda kamu pun dapat…

1 day ago

Frame A Moment: Cara Praktis Mengabadikan Momen Spesial Pernikahan

Siapa pun menginginkan semua momen di hari pernikahan terus diingat. Tak berlebihan bila kemudian pasangan pengantin mencari tenaga profesional untuk…

2 days ago

Bikin Merinding! Tembus Jalur Pendakian DMZ di Perbatasan Korea

Pemerintah Korea baru-baru ini mencanangkan 'Autum Tourism Week' untuk meningkatkan pariwisata domestik dan kunjungan wisatawan asing ke Korea. Selama pekan…

2 days ago