Berniat untuk pergi ke Jepang dalam liburan berikutnya? Tentunya, kamu perlu mempersiapkan segalanya. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi hingga barang – barang yang perlu dikemas. Tak cuma itu, kamu juga harus bersiap – siap membayar tarif pajak baru untuk turis dari Jepang.

Seperti dikutip dari laman USA Today, terbaru ini akan dikenakan pada para pelancong internasional yang akan pulang ke negara masing – masing setelah liburan di Jepang. Itulah sebabnya, pajak ini juga dikenal dengan sebutan “Pajak Sayonara”.

Pajak untuk Turis Internasional

FrameATrip.com

 

Kementerian Badan Pajak Nasional Jepang di Bidang Keuangan mengumumkan per tanggal 7 Januari 2019  bahwa pihaknya akan menerapkan “Pajak Turis Internasional” (juga dikenal sebagai “pajak sayonara”).

Pajak akan dikenakan pada sebagian besar pelancong internasional yang mengunjungi negara Jepang, tepatnya ketika mereka meninggalkan Jepang/ pulang ke negara masing – masing.

Cara Kerja Pajak dan Tarif Pajak

FrameATrip.com

 

Pajak tambahan ini akan dikenakan melalui tiket pesawat atau tiket kapal pesiar melalui sejumlah agen perjalanan atau agen wisata.

Nantinya, si agen perjalanan yang akan memberikan kepada pemerintah Jepang. Kisaran pajak yang dipungut berkisar 1.000 yen atau sekitar Rp 127 ribu per orang.

Siapa yang Bebas Pajak?

FrameATrip.com

 

Dikutip dari laman National Tax Agency Ministry, ada beberapa orang yang dibebaskan dari pajak sayonara antara lain:

  • Anggota atau kru pesawat
  • Orang yang dideportasi atau bepergian dengan pesawat pemerintah
  • Orang yang tinggal di Jepang kurang dari 24 jam
  • Penumpang kapal pesiar yang sedang transit
  • Diplomat atau tamu negara
  • Personel militer Amerika Serikat dan PBB
  • Anak – anak di bawah usia 2 tahun

Pajak yang Kontroversial

FrameATrip.com

 

Baca Juga :  Tips Liburan ke USA: Waktu Termurah Mengunjungi "Dunia Harry Potter"

Menghadapi Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020, diharapkan pajak sayonara akan menghasilkan pundi – pundi uang yang segar dan berlimpah.

Namun demikian, beberapa kalangan tetap menentang keputusan pajak yang akan merugikan sektor industri pariwisata di Jepang.

***

FrameATrip.com

 

Terlepas dari pungutan pajak dan segala kontroversinya, Jepang memang sangat layak menjadi destinasi liburan impian seumur hidup.

Di sinilah banyak pengalaman dan petualangan berkesan dimulai. Pajak sebesar 1.000 yen tak boleh menghalangi liburanmu ke Negeri Sakura yang fenomenal.

FrameATrip.com

 

Jangan khawatir, biar liburanmu makin hemat, kamu wajib memastikan untuk booking jasa fotografi liburannya hanya di FrameATrip.com.

Karena selama awal Februari, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 56% dalam Promo Perayaan Tahun Baru Cina 2019.

FrameATrip.com

 

Nikmati promo Imlek dari FrameATrip.com yang hadir di 14 kota seluruh dunia, termasuk Tokyo. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa: foto tambahan sebanyak 66 foto untuk sesi 1 jam; dan 99 foto untuk sesi 2 jam.

FrameATrip.com

 

Buruan booking ya, karena promo ini cuma sampai 11 Februari 2019 untuk 100 orang pertama. Langsung aja klik di sini untuk pemesanan atau hubungi Whatsapp +62 821 1680 5577 untuk info lebih lanjut.

Related Posts