Bagi traveller yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang, biasanya hanya berfokus pada aktivitas dan atraksi wisata semata. Padahal, soal kebiasaan, norma dan budaya orang Jepang sudah seharusnya juga diketahui.

Agar tidak dicap sebagai turis norak, kamu wajib tahu norma budaya dan sopan-santun ala Jepng berikut.

1. Tidak ada Wi-Fi publik gratis

FrameATrip.com

 

Wi-Fi gratis tidak tersedia di Jepang. Tetapi, di negeri Sakura kamu bisa mendapat akses internet dengan menyewa pocket Wi-FI. Perangkat Wi-Fi portable ini bisa dimasukkan saku dan sewanya juga murah. Untuk 10 hari, sewa Wi-Fi 1 GB dikenakan biaya $55 per hari.

Dengan pocket Wi-Fi, kamu bisa memakai data internet untuk ponsel atau laptop sekaligus.

2. Peraturan tentang merokok lebih santai

FrameATrip.com

 

Jika di negara lain, merokok di tempat umum akan dikenakan sanksi atau denda. Di Jepang, umumnya masih banyak orang yang merokok di restoran atau bar (area publik).

Jadi, jika kamu ingin pergi ke restoran bebas asap rokok, kamu perlu mencari info lebih lanjut sebelum berkunjung ke Jepang.

3. Tidak perlu memberikan tip

FrameATrip.com

 

Jepang juga tidak menganut budaya memberikan tip untuk pelayan. Jadi, tidak perlu repot memberikan tip. Biaya untuk hidangan pembuka, biasanya akan dimasukkan dalam tagihan total. Tempat makan seperti kedai ramen atau warung, umumnya tidak memungut biaya ini.

4. Membuang sampah

FrameATrip.com

 

Kendati menjadi salah satu negara terbersih di dunia, tetapi beberapa turis melaporkan bahwa jumlah tempat sampah umum di Jepang sangat sedikit.

Jadi, bawa saja sampah seperti kemasan plastik atau botol minuman di tas, sampai kamu menemukan tong sampah di sekitar stasiun, rumah, atau kedai kopi.

5. Tarif taksi mahal dan dihindari saat siang hari

FrameATrip.com

 

Angkutan umum di Jepang, terutama Tokyo, sangat efisien dan luas. Karena alasan ini, sangat sedikit orang yang menggunakan taksi di siang hari.

Namun, kereta bawah tanah akan berhenti beroperasi pada tengah malam jadi jika kamu membutuhkan taksi, bersiaplah untuk biaya ekstra. Tarifnya mulai dari 400 yen atau sekitar $3.

6. Japan Rail Pass (JR Pass)

FrameATrip.com

 

Sebelum berkunjung ke Jepang, kamu mungkin akan ditawari JR Pass. Ini adalah tiket kereta yang bisa memberikan akses mudah ke jalur kereta Japan Rail apa pun.

Kamu harus memesan di muka JR Pass sebelum tiba di Jepang. Tiket seharga mulai $257 untuk 7 hari dan biasanya ideal untuk mereka yang minimal naik 2x kereta api lintas kota. Contohnya, seperti naik JR dari Tokyo ke Kyoto dan sebaliknya.

Baca Juga :  5 Peneman Liburan Paling Ideal Sesuai Karakter Zodiak

***

FrameATrip.com

 

Wah, semakin banyak hal-hal yang kita ketahui dari negara destinasi, kita jadi semakin mudah mempersiapkan kebutuhan selama perjalanan.

FrameATrip.com

 

Soal fotografi liburannya sudah siap belum nih? Segera pesan via website FrameATrip.com, untuk menjamin foto-foto liburan yang berkelas dan mendulang ribuan like atau followers.

Per fotonya mulai $3 dan kamu bisa mendapat banyak bonus, termasuk gratis biaya editing hiongga 100 lembar foto. Yuk, nikmati petualangan yang berkesan di Jepang bareng FrameATrip.com.

Related Posts