Sejak pertama kali terbang ke Sydney dan menyaksikan pelabuhan yang berkilauan dari jendela pesawat, kamu bakal tersadar bahwa kamu sedang mendatangi sebuah kota yang luar biasa.

Tetapi, dibalik keindahan yang luar biasa, Sydney menyimpan rahasia yang belum pernah diketahui wisatawan. Apa saja ya? Simak 7 hal luar biasa tentang Sydney berikut:

1. Asal kata Sydney

FrameATrip.com

 

Penjajah Inggris awalnya memberikan nama New Albion.

Namun, mereka memutuskan nama kota Sydney untuk menghormati Lord Sydney, Tommy Twonshend. Seorang pria yang sebenarnya malah tidak pernah menginjakkan kaki di Australia.

2. Kudeta militer

FrameATrip.com

 

Sydney menjadi satu – satunya kota di dunia yang berhasil melakukan kudeta militer dalam sejarah Australia.

Kudeta militer melibatkan 400 tentara pada tahun 1808 yang menangkap Gubernur William Bligh atas tuduhan memonopoli perdagangan minuman beralkohol.

3. Lahirnya buah apel Granny Smith

wikimedia.org

 

Sydney juga menjadi asal buah apel hijau, Granny Smith karena proses yang tidak  disengaja.

Petani wanita bernama Maria Ann Smith yang tinggal di perkebunan Eastwood pada tahun 1800-an, memiliki kebiasaan membuang French crabapple dari jendela dapurnya.

Ternyata, apel hijau ini malah tumbuh subur dan terus dibudidayakan hingga sekarang. Bahkan, ada sebuah Eastwood’s Granny Smith Festival yang dirayakan setiap tahun.

4. Pembukaan Sydney Harbour Bridge

FrameATrip.com

 

Jembatan Sydney yang ikonik diresmikan pada 1932. Acara pembukaan sempat diwarnai kekacauan karena seorang pria gila yang menunggang kuda dan mengamuk sambil mengacung – acungkan pedang.

Kesempatan ini digunakan anggota militer bernama Francis de Groot untuk memotong tali pita upacara, sebelum para pejabat lain mendahuluinya.

5. Anggaran Sydney Opera House menguras dompet

FrameATrip.com

 

Sydney Opera House dirancang oleh arsitek berdarah Denmark, Jørn Utzon. Diresmikan pada 1973, butuh waktu sekitar 10 tahun untuk menyelesaikan pembangunan.

Total biaya menghabiskan $ 102 juta atau membengkak 1357% dari total anggaran yang direncanakan semula hanya $7 juta.

7. Sydney adalah rumah bagi kuburan perang Jepang

FrameATrip.com

 

Pada tahun 1942, selama Perang Dunia II, sejumlah kapal selam kecil menyergap  pelabuhan Sydney. Pemboman tentara sekutu berhasil menenggelamkan kapal selam itu.

Ditemukan oleh penyelam scuba amatir pada 2006 di lepas pantai utara Sydney, dan sekarang menjadi kuburan perang di bawah laut yang dilindungi.

Baca Juga :  Jantung Serasa Berhenti Berdetak! Yuk Jajaki Keindahan Panorama Alam Vancouver, Canada

**

FrameATrip.com

 

Wah.. wah.. Sydney rupanya menyimpan berbagai sejarah dan atraksi ikonik yang super menarik.

Pantas saja, setiap traveller yang melancong ke Sydney senantiasa terpikat dan rindu ingin kembali.

FrameATrip.com

 

Tak terkecuali, pengguna FrameATrip.com yang sudah menginjakkan kaki di kota Sydney. Setiap langkah dan momen liburanmu harus terabadikan secara sempurna oleh fotografer yang berpengalaman.

Cek gallery.frameatrip.com untuk melihat portofolio si juru foto dan menentukan nama fotografermu sebelum memilih kota destinasi.

Related Posts