Bicara soal nyeleneh dan keanehan, Jepang memang juaranya. Dari mulai kuliner unik, hotel unik, hingga piranti canggih yang unik, segalanya ada.

FrameATrip.com

Termasuk untuk etika sosial saat berada di tempat – tempat umum. Kebiasaan orang Jepang yang serba on time, disiplin, rapi dan bersih memang sangat terkenal. Tapi, beberapa kebiasaan unik berikut mungkin akan membuat kamu mengernyitkan dahi:

Memberikan uang tips pada pelayan bukan bentuk berterima kasih tetapi mirip seperti menyuap

Yukepo.com

 

Selepas bersantap di restoran atau kafe, wajar jika kita memberikan uang tip tambahan sebagai tanda terima kasih atas pelayanan terbaik para staf. Tetapi, kalau kamu melakukan ini di Jepang, sebaiknya berhati – hari. Karena, menurut orang Jepang memberikan uang sebagai tip sama seperti menyuap dan menghina mereka.

Tidak ada kata “ladies first”

KNKX.org

 

Berbeda dengan bangsa Eropa yang begitu memanjakan kaum hawa. Mungkin sangat wajar jika ada pria yang menawarkan kebaikan dengan membukakan pintu, mendahulukan antrian atau menempatkan posisi kursi bagi wanita saat makan di restoran.

Hal ini dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada setiap wanita. Tetapi, di Jepang tak berlaku kata ‘ladies first’. Bahkan, jika ada seorang pria yang membuka pintu, ia akan membiarkan pintu tertutup dan berlalu begitu saja.

Memanggil pelayan diawali kata “Sumimasen”

 

Di Indonesia, mungkin lumrah jika kita memanggil pelayan dengan berteriak karena biasanya posisinya agak jauh. Tapi, di Jepang hal ini dianggap tabu dan tak sopan. Mereka lebih merekomendasikan untuk memakai kata “Sumimasen” yang berarti “permisi” untuk memanggil pelayan saat kamu membutuhkan sesuatu.

Aturan dan etika bertelepon di fasilitas umum

The Tokyo Times.com

 

Lumrah saja memakai telepon genggam saat berada di kereta, restoran, hotel atau cafe, maupun fasilitas umum lain. Tetapi, sebaiknya telepon diatur dengan nada getar saja agar tak menimbulkan bunyi yang terlalu nyaring. Pasalnya, orang Jepang menganggap hal ini kurang sopan dan mencuri perhatian orang lain yang mungkin merasa terganggu.

Baca Juga :  Wow… Asyiknya Liburan ke Kota Kurcaci Hobbiton di Matamata, Selandia Baru

***

Sepertinya, liburan ke Jepang memang tiada pernah ada kata bosan. Yuk, eksplorasi Tokyo lebih detail dengan mempersiapkan liburan yang maksimal.

Biar makin maksimal, abadikan setiap momen liburan bersama fotografer yang profesional di Tokyo. Tak perlu khawatir soal budget! Karena promo Frametastic Tokyo memberikan penawaran terbaik per fotonya cuma Rp 55 ribu!

FrameATrip.com

Booking selama 08- 12 November 2017, pemesanan ini masih bisa berlaku hingga jadwal pemotretan untuk Juli 2018. Tunggu apalagi, buruan booking sebelum keduluan orang lain. Terbatas hanya untuk 30 first bookings ya..

Related Posts