Indonesia juga punya banyak potensi wisata yang namanya sudah moncer di dunia wisata internasional. Pulau Sumba, misalnya.

Frameatrip.com

Meskipun turis domestik malah terkadang ada yang belum begitu familiar, justru turis dari mancanegara yang lebih aktif berkunjung menikmati pesona “Pulau Seribu Savanna” ini. Jangan mengaku traveller sejati kalau belum mampir ke Pulau Sumba, dan mengeksplorasi 5 keajaiban di tanah Pasola:

#1. Pemakaman mayat di dalam kuburan batu zaman Megalitikum

Phinemo.com

 

Selamat datang di Pulau Sumba. Satu – satunya desa di dunia yang melakukan penguburan dengan cara dimasukkan dalam kuburan batu. Konon, gaya pemakaman mayat ini sudah ada sejak era Megalitikum atau zaman batu besar prasejarah. Status sosial seseorang, juga bisa dilihat dari tingginya kuburan batu.

Uniknya, pemakaman batu ini masih dilestarikan hingga sekarang.Kamu bisa menjumpainya di desa adat Rende.

#2. Beternak kuda yang dibebaskan di padang savanna

pixabay.com

Kontur daerah Pulau Sumba yang berpadang luas, membuatnya jadi tempat ideal untuk membudidayakan hewan kuda. Pemandangan savannah atau padang rumput membentang ini bakal mengingatkan kamu pedalaman atau pedesaan yang ada di wilayah Swiss.

Kuda – kuda berlarian dengan gagah dan indah. Cukup dengan duduk santai sembari memandang bentang padang yang luas ini, hati dan pikiran berasa lebih tenteram.

#3. Padang savanna terbesar di Sumba Timur, Bukit Warinding

FrameATrip.com

Sering menjadi spot wisata wajib bagi para turis, Bukit Warinding menawarkan sensasi panorama alam padang rumput menghijau yang menyejukkan mata. Pemandangan ajaib di depan mata, seolah membuatmu takjub tak percaya jika ini ada di Indonesia.

Explore Sumba.com

Tunggu dengan ekstra sabar, hingga senja berlabuh. Pada saat sunset, golden times bakal menyulap pemandangan di Bukit Warinding dengan semburat keemasan yang luar biasa menakjubkan.

Baca Juga :  Tips Enjoy dan Nyaman Tempuh Perjalanan Panjang Bareng Anak - Anak

#4. Festival Pasola, satu – satunya di dunia festival adu lembing antar ksatria suku

indonesia-tourism.com

Festival Pasola menjadi acara tahunan yang menjadi magnet turis asing dan domestik. Setiap event Pasola digelar, bisa dipastikan puluhan bahkan ratusan ribu pengunjung bakal memadati tanah lapang yang dijadikan arena adu tombak dan ketangkasan para ksatria adat.

Tradisi Pasola melibatkan para lelaki dari 4 desa. Yaitu, Lamboya, Gaura, Wonokara dan Kodi untuk saling melempar lembing di atas kuda pacu.

***

Punya tekad bulat bertandang ke Pulau Sumba? Pastikan semua persiapan liburanmu sudah komplit. Soal fotografi liburan, tak perlu ribet. Booking paket Frametastic Sumba, per foto cuma Rp 20 ribu. Dapatkan foto – foto liburan di Pulau Sumba yang bergaransi mengesankan dan bisa diunduh via email, 3 – 5 hari usai pemotretan.

FrameATrip.com

 

Related Posts