Categories: AsiaTravelling

Dari Bawa Handuk Sendiri Sampai Bersepeda Keliling Kota! Gaya Liburan 100% Ramah Lingkungan

FrameATrip.com – Tanpa disadari, pergi berlibur ke mana pun maka kita akan meninggalkan jejak karbon dalam jumlah tertentu, yang turut andil dalam pemanasan global. Bukan berarti kita nggak boleh melakukan liburan, tapi ubah caramu berlibur sehingga menjadi lebih ramah lingkungan, seperti tips-tips berikut ini.

Menentukan Tujuan

via agenciariodaprata.com.br

Memng tidak ada tempat liburan yang benar-benar 100 persen ramah lingkungan. Mulailah dengan melihat kota atau negara tujuanmu berwisata yang mendukung gerakan hijau. Seperti adanya ruang terbuka, pasar tradisional dan jalur sepeda yang umum ditemui.

Namibia dan Ekuador menjadi beberapa negara yang berhasil menerapkan pariwisata ramah lingkungan. Kota Bonito di Brasil juga sukses dalam hal eco-tourism. Buktinya dapat dilihat di perairan Rio de Prata, saking jernihnya kamu bisa melihat langsung ikan yang sedang berenang di muara ini.

Memilih Transportasi

via http://i.huffpost.com

Sebisa mungkin pilihlah transportasi umum darat seperti bis atau kereta untuk berpindah kota. Untuk liburan yang murah dan ramah lingkungan, berkeliling kota cukup dengan menggunakan sepeda yang disewakan atau berjalan kaki, jika jarak ke tempat tujuan cukup dekat.

Jika berkesempatan menghabiskan waktu melakukan wisata baharu, pilih kapal layar yang mengandalkan hembusan angin dan hindari kapal pesiar berpenggerak mesin, yang dapat membawa dampak buruk pada lingkungan. Untuk liburan ke luar negeri, sebisa mungkin pesan tiket pesawat penerbangan langsung atau yang mempunyai transit paling sedikit.

Lebih Ramah Lingkungan di Hotel

via stayalfred.com

Beberapa hotel menyatakan bahwa program ramah lingkungan mereka adalah yang terhebat, namun kenyataanya tidak demikian. Jangan bergantung pada pengelola tempatmu menginap, karena banyak cara yang bisa kamu lakukan agar lebih ramah lingkungan.

Mulai dari menggunakan kembali handuk hingga memanfaatkan botol minum yang bisa diisi ulang. Selain itu, kamu juga bisa membawa sendiri kebutuhan mandimu dan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan.

Jadikan liburan ramah lingkungan ini sebagai gaya hidupmu dan bukan hanya sekedar ikutan trend. Daripada meninggalkan sampah yang dapat merusak lingkungan, ingat pepatah yang mengatakan ‘jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki, dan jangan bawa apapun selain foto’.

Nah, buat urusan foto yang menawan, serahkan saja pada FrameATrip.com. Tinggal masukkan tanggal dan tujuan liburanmu, lalu pilih paket dokumentasi liburan yang pas buat kamu. Hasil foto yang diambil oleh fotografer profesional dapat dinikmati dengan cara diunduh dari rumah, sekitar 5-7 hari setelah pemotretan. Mudah, bebas ribet, dan lebih ramah lingkungan saat berlibur bersama FrameATrip.com.

Detty Frameatrip

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

2 months ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

2 months ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

2 months ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

2 months ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

2 months ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

2 months ago