Categories: AsiaTravelling

Bosan ke Museum? Siap – siap Terkejut Melihat Isi EcoMuseum yang Tampil Beda Ini

FrameATrip.com – Kroasia tidak hanya dikenal sebagai tempat berasalnya para perempuan pirang nan cantik, tapi juga tujuan liburan untuk alam asri dan arsitektur kuno yang mengagumkan. Salah satu spot terbaru yang wajib dikunjungi adalah Istrian de Dignan, sebuah ecomuseum yang digagas  di Vodnjan untuk melindungi dan mempromosikan tradisi lokal daerah. Ada beberapa kegiatan yang bisa dicicip untuk mengisi liburanmu, seperti berikut ini.

1. Panen Anggur dan Zaitun

via istrian.org

Selama bulan September, ecomuseum Istrian de Dignan menggelar panen anggur dan zaitun. Selain menyelenggarakan lokakarya, para peserta diberi kesempatan untuk belajar tentang sejarah kebun buah anggur dan pohon zaitun, metode pemanenan dan proses produksi tradisional.

Setiap pengunjung akan dibekali dengan peralatan dan didampingi relawan yang berasal sari penduduk setempat. Kegiatan ini terbukti sangat digemari, dengan hasil 270 liter minyak hasil kolaborasi sekolah dasar Vodnjan-Dignano dan bantuan pengunjung yang datang dari seluruh dunia.

2. Pertunjukan Boneka

via istrian.org

Acara yang sempat sukses pada tahun 2015/2016 ini diadakan pada bulan Agustus. Seorang relawan asal Spanyol mempersiapkan dan mengelola sebuah lokakarya dengan boneka untuk diajarkan pada penduduk Vodnjan. Di sini diajarkan cara membuat boneka pertunjukan dengan jarum dan benang, serta cara melakukan show.

Pada akhir pekan, sebuah pertunjukan digelar khusus untuk anak-anak. Biasanya, diceritakan beberapa cerita tradisional istrian. Saking banyaknya yang menikmati acara tersebut, pertunjukan diadakan lebih dari satu kali.

3. Pameran Kartu Pos

via istrian.org

Mengambil tempat di gudang Merceria Street, diadakan pameran mengenai kartu pos, dari yang kuno hingga yang terbaru dari Vodnjan-Dignano. Tujuannya, ingin memperlihatkan segala perubahan yang terjadi pada kota ini. Koleksi ini berasal dari Egidio Cattonar, penyuka filateli asal Vodnjan-Dignano yang pindah ke Belgia. Dengan jumlah total 80 kartu pos, pengunjung dapat melihat keindahan sudut kota yang tergambar dari waktu ke waktu.

Mengunjungi Istrian de Dignan akan memberikan pengalaman baru dan unik selama berlibur. Nggak hanya mengunjungi spot wisata terkenal, tapi juga mengenal wisata berbudaya yang berbeda. Jangan hanya membawa cerita sebagai oleh-oleh, tapi juga foto-foto yang menangkap momen seru liburanmu.

Serahkan pada tangan fotografer handal yang tergabung dalam FrameATrip.com. Ada 200an fotografer profesional yang siap membantu pendokumentasian liburan di lebih dari 45 negara. Tinggal klik FrameATrip.com, masukkan tanggal, tujuan, dan pilih paket yang diinginkan. Voila, nggak perlu bingung lagi urusan membawa kamera dan nikmati liburanmu.

Detty Frameatrip

Recent Posts

6 Kuliner Unik khas Korea Selatan, Ada yang Mirip Bakpia

Makanan khas Korea Selatan sudah cukup populer di Indonesia. Makanan seperti Kimchi, Bulgogi, Tteokbokki, dan…

22 hours ago

Dekat Indonesia, 5 Negara Tetangga yang Jadi Favorit Travelling ASEAN

Kalau kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu bisa memulai dari negara-negara tetangga yang…

2 days ago

Traveling ke Luar Negeri, Ada 10 Hal yang Perlu Kamu Periksa

Kamu tentu akan merasa sangat senang kalau sudah mendekati hari keberangkatan untuk traveling. Apalagi kalau…

2 days ago

Dahsyat! 10 Kota Kecil Eropa Ini Pernah Dinobatkan Jadi Ibukota Budaya

Ibu kota Kebudayaan Eropa merupakan kota yang ditunjuk oleh Uni Eropa agar mendapatkan kesempatan untuk…

3 days ago

Merancang Tur Sehari ke Kairo, Apa saja yang Dipersiapkan?

Ketika kamu mendengar negara Mesir, mungkin kamu berpikir dan membayangkan pasir, unta, dan piramida. Namun,…

5 days ago

Ide Honeymoon ke Bahama, Jelajahi 5 Pulau Eksotis Ini

Bahama cukup populer bagi yang hobi traveling dengan hamparan pasir putih yang luas, deretan terumbu…

5 days ago